TUGAS
TEORI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Disusun
Oleh :
Nama : Nurkhalisa
Kelas : B
Nim : 1349041015
PENDIDIKAN
GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
MAKASAR
2013
Pertemuan
: 1 (7, november 2013)
Pertumbuhan
dan perkembangan
·
Pertumbuhan : akan
sampai pada titiknya
·
Perkembangan akan
berjalan terus
Perkembangan ada dua macam, yaitu :
1.
Perubahan jasmani
atau fisik, yang dimaksud disini adalah perubahan pada tubuh yang bisa
terlihat.
2.
Perubahan psikologis
atau rohani, yang dimaksud disini adalah akan terlihat ada nya perubahan
tingkah laku (dari hati, gerakan, motivasi, kecerdasan, dan fikiran) mampu
mengontrol diri (sabar).
·
Bayi dalam
kandungan sangat berpengaruh pada keturunan dari sikap siapa yang mengandung
dia (orang tua) bayi / calon bayi
·
Apabila ibu bayi
yang sedang mengandung itu sehat maka anak yang ada dalam kandungannya itu
sehat.
·
Anak-anak akan
tumbuh sebagai kromosom manusia.
·
Proses bayi menjadi
sempurna adalah pada usia kandungan 4 bulan .
·
Perkembangan anak
sudah mulai sejak dimulai dalam kandungan yang dimulai dari perkembangan sperma
dan ovum didalam rahim.
·
Perkembangan
kemampuan seseorang berbeda-beda dan anak yang berkembang cepat/lambat itu
tergantung potensi bawaannya.
·
Perkembangan dapat
berupa psikologis merupakan proses konsepsi yang arahnya mulai pada pertumbuhan
yang dimulai dari pertumbuhan dalam kandungan berupa kromosom manusia hingga
akhir.
·
Pertumbuhan berupa
fisik yang dimulai didalam kandungan.
Pertemuan
: 2 (14, november 2013)
Pertumbuhan
dan perkembangan
·
Perkembangan
dimulai saat bertemunya sel spermatozoa dengan ovum dan mulailah berkembang
didalam kandungan hingga lahir menjadi manusia.
·
Pertumbuhan
dipengaruhi oleh :
1.
Gizi
2.
Perokok pasif
3.
Obat salah (over
dosis)
4.
Minuman keras
·
Pertumbuhan secara fisik sangat nampak sekali
·
Kenapa anda bisa
melihat ?
Jawab : karena
orang melihat melalui mata dan mata diciptakan oleh allah dengan adanya susunan
syaraf mata sehingga kita bisa melihat dengan jelas.
·
Diotak terdapat zat
yang disebut zat kimia (bentuknya seperti agar-agar), syaraf-syaraf, neon dan
naviras neptires.
·
Manusia pertama
dibentuk oleh otak karena diotaklah yang menjadi pusat yang bekerja mengatur
kinerja seluruh anggota tubuh.
·
Anak yang lahir
pada umumnya kurang lebih 3 kg.
·
Proses manusia
menjadi sempurna yaitu 4 bulan karena pada saat itu manusia ditiupkan roh maka
disitulah disebut anak.
·
Pertumbuhan pada
janin bayi itu harus dijaga dengan cara ibu hamil mengonsumsi air mineral dan
zat-zat vitamin yang lainnya, gizi dan nutrisi.
·
Pertumbuhan itu
ditunjukkan pada kuantitas.
·
Otak dan hati bayi
sudah berfungsi diumur 4 bulan sehingga ibu akan memberikan sesuatu bukan hanya
asupan gizi tetapi yang baik untuk perkembangan.
·
Agar pertumbuhan
dan perkembangan bagus, kita tidak boleh stress justru kita memberikan
stimulasi (bercakap-cakap dengan anak, bernyanyi meskipun anak masih berada
dalam kandungan).
·
Ibu hamil hendaknya
jalan-jalan tidak berdiam diri saja sehingga apa yang dilihatnya itu akan masuk
dan ditangkap oleh anak.
·
Umur 0-2 tahun
permbentukan otak.
·
Stimulasi yang ibu
berikan yaitu :
1.
Mendengarkan musik
atau alqur’an
2.
Mengaji setiap
habis shalat (muslim)
3.
Banyak bercerita
tentan g segala hal
·
Pada saat dalam
kandungan otak anak sudah terbentuk 80%, apabila sudah lahir umur 0-2 tahun itu
hanya akan membentuk 20% lafgi dari otak, setelah itu kepala tidak akan
membesar.
·
Hydrocepalus
terjadi karena kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan (kebanyakan air
didalam otak), sehingga kepala semakin membesar.
·
Pertumbuhan dapat
dideteksi dengan lingkar kepala, lingkar kepala berhenti berkembang pada umur 2
tahun jika pada umur 2 tahun keatas kepalanya semakin membesar maka itu terjadi
kelainan.
·
Dampak gizi buruk
anak akan berdampak pada perkembangannya.
·
Tahap sensorik
motorik adalah melihat, kemudian berbuat sesuatu (menerima dan
mengeluarkan/menyalurkan).
·
KMS (Kartu Menuju
Sehat) untuk mengetahui perkembangan seorang ibu hamil.
·
Batang otak
berfungsi untuk reaksi, refleksi dan berfikir.
·
Limbi berfungsi
untuk tempat rasa sayang dan pusat emosi.
·
Korteks berfungsi
untuk bagian kerja untuk berfikir logis.
·
Lapisan biru : a.
Otak kiri : tertata dan berfikir
b. Otak kanan : imajinasi dan bebas
Pertemuan
: 3 (21, november 2013)
Teori
perkembangan
·
Teori perkembangan
kognitif yaitu teori perkembangan kecerdasan dan perkembangan otak.
·
Dalam otak ada
istilah 3 in 1, konsentrasi pada 3H (Head, Heart, Hand), ketiga ini sangat
berperan penting pada adanya bakat, stimulasi dan perkembangan fisik.
·
Pertumbuhan dan perkembangan
itu seiring sejalan.
·
Bahasa juga dipakai
dalam mengekspresikan perasaan dalam bentuk tulisan (Hand).
·
Otak terbagi atas
dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan.
·
Perkembangan itu
dipengaruhi oleh kecerdasan.
·
Aliran nativistik,
yaitu mereka percaya bahwa perkembangan itu dipengaruhi oleh bakat.
·
Teori empirisme
anak itu terlahir seperti kertas putih jadi semakin banyak dia melihat maka
semakin banyak juga anak itu berisi.
·
Childsentred yaitu
anak belajar sendiri guru yang memberikan kondisi-kondisi didalam kelas.
·
Teachersentred yaitu
guru menjelaskan dan anak mendengakan.
·
Anak ideosi adalah
anak yang memiliki IQ 0-20 .
·
Anak normal adalah
anak yang memiliki IQ 90-110
·
Teori tabularasa
adalah teori yang menyatakan bahwa anak itu seperti kertas putih dan
dipengaruhi oleh stimulasi (teori empirisme)
·
Teori convergence
yaitu kita percaya bahwa perkembangan itu dipengaruhi oleh bakat, lingkungan
dan stimulasi.
·
Masa oral ( masa
mulut) masa dimana apapun yang ada disekeliling anak dimasukkan kemulut.
·
Faktor penyebab
anak ideosi adalah ketururnan dan perkawinan sedarah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar