PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR ANGKATAN 2013 My Live: faktor yang mempengaruhi permainan anak

Rabu, 26 Maret 2014

faktor yang mempengaruhi permainan anak

Faktor yang mempengaruhi permainan anak :
1. kesehatan, anak yang memiliki kesehatan yang baik maka mereka akan memiliki lebih banyak waktu yang bisa ia habiskan untuk bermain dan melakukan berbagai macam jenis permainan . anak yang sehat memiliki banyak energi dan energi sangat diperlukan oleh anak ketika sedang bermain.
2. perkembangan motorik, perkembangan motorik anak sangat mempengaruhi permainan anak baik itu motorik kasar maupun motorik halus. anak yang memiliki perkembangan motorik yang baik maka anak itu dapat melakukan berbagai macam permainan .
3. intelegensi, intelegensi sangat mempengaruhi permainan anak karena anak yang memiliki kecerdasan yang tinggi permainannya berbeda dengan anak yang kecerdasannya rendah karena anak yang memiliki kecerdasan yang tinggi maka anak itu akan memilih permainan-permainan yang lebih mengasah otak mereka sebagai contoh permainan rubik, puzzle dan permainan yang menantang lainnya.
4. jenis kelamin, jenis kelamin sangat mempengaruhi permainan anak karena permainan anak laki-laki berbeda dengan permainan anak perempuan dan anak laki-laki permainannya lebih menguras banyak energi dibanding dengan anak perempuan, hal itu karena anak laki-laki mempunyai fisik yang lebih kuat dibanding dengan anak perempuan. contoh anak laki-laki lebih sering bermain bola sednagkan anak perempuan lebih sering bermain boneka.
5. lingkungan, lingkungan sangat memperngaruhi permainan anak sesuai dimana anak itu berada. ketika anak itu berada dilingkungan pedesaan maka anak tersebut akan bermain permainan-permainan yang ada dilingkungan tersebut.
6. status sosio ekonomi, status sosioekonomi sangat mempengaruhi permainan anak karena anak yang berasal dari keluarga yang status sosio ekonominya tinggi maka anak tersebut juga akan meimiliki berbagai macam permainan yang modern sedangkan anak yang bersal dari keluarga yang kurang mampu jenis dan ragam permainannya sedikit dan kebanyakan waktu mereka digunakan untuk membantu orang tua.
7. jumlah waktu bebas, anak yang memiliki waktu bebas untuk bermain tentunya akan memiliki berbagai macam permainan sedangkan anak yang memiliki sedikit waktu untuk bermain maka mereka hanya memiliki sedikit permainan.
8. peralatan bermain, peralatan bermain anak juga mempengaruhi kegiiatan bermain anak karena anak yang memiliki berbagai macam peralatan bermain tentunya akan melakukan berbagai jenis permainan.

Tidak ada komentar: