PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR ANGKATAN 2013 My Live: Guru yang INTENSIONAL

Rabu, 26 Maret 2014

Guru yang INTENSIONAL

Guru yang Intensional (Guru yang bertujuan)
Tidak ada rumus pengajaran yang baik, tidak ada tujuh langkah menuju guru terbaik. Pengajaran melibatkan perencanaan dan persiapan, dan kemudian puluhan keputusan setiap jam. Namun, satu sifat tampak jelas sebagai karakteristik guru yang luar biasa: intensionalitas. Intensionalitas atau bertujuan berarti melakukan sesuatu karena suatu  alasan, dengan sengaja.
Guru yang intensional atau guru yang bertujuan adalah orang yang terus- menerus memikirkan hasil yang mereka inginkan bagi siswa mereka dan bagaimana masing-masing keputusan yang mereka ambil membawa anak-anak menuju hasil tersebut. Guru yang intensional tahu bahwa pembelajaran maksimal tidak terjadi secara kebetulan . Ya, anak-anak benar-benar belajar terencana senantiasa, dan banyak akan belajar bahkan dari pelajaran yang paling kacau. Tetapi untuk benar-benar menantang siswa, untuk memperoleh upaya terbaik mereka, untuk membantu mereka melakukan lompatan-lompatan konseptual dan mengorganisasikan dan mengingat pengetahuan baru, guru perlu mempunyai maksud, memikirkan secara mendalam, dan fleksibel, tanpa pernah melupakan tujuan meraka bagi setipa anak. dalam satu kata, mereka perlu intensional atau perlu menetapkan tujuan.


Tidak ada komentar: